Dispersip Kepulauan Meranti Taja Bimbingan Teknis Pemeliharaan Dan Penyusutan Arsip Dinamis - TARGET RIAU

Kamis, 03 Oktober 2024

Dispersip Kepulauan Meranti Taja Bimbingan Teknis Pemeliharaan Dan Penyusutan Arsip Dinamis


SELATPANJANG - Pemerintah Kabupaten Kepulauan Meranti melalui Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Pemeliharaan dan Penyusutan Arsip Dinamis yang berlangsung di Aula Perpustakaan Daerah Kabupaten Kepulauan Meranti, Jalan Perumbi Selatpanjang, Rabu (02/10/2024).

Kegiatan yang akan berlangsung selama dua hari itu dibuka oleh Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip, Atan Ibrahim M.Pd dan berorientasi pada pengelolaan kearsipan dalam upaya menjaga dan melestarikan informasi yang berharga baik yang bersifat hukum maupun administrasi.

"Bimtek ini untuk pengembangan dalam menjaga kearsipan dan peningkatkan peran arsip sehingga adanya penghematan dan efisiensi, penyelamatan barang bukti kegiatan organisasi, kemudahan dan pengawasan terhadap arsip yang masih perlu yang bernilai tinggi," jelasnya.

Atan Ibrahim juga menyebutkan, kearsipan menjadi tolak ukur dalam keberhasilan suatu pemerintah dalam pengembangan daerah saat ini. Disamping itu, Kearsipan juga memegang peran penting sebagai perencanaan, analisis, perumusan, kebijakan, pembuatan laporan dan penanggung jawaban dalam suatu persoalan yang terjadi. 

"Kami mengajak seluruh OPD bersungguh-sungguh mengikuti seluruh rangkaian bimtek agar pengelolaan arsip lebih baik dan lebih maksimal kedepannya," ajaknya.

Turut hadir selaku narasumber, Arsiparis Ahli Madya Dispersip Provinsi Riau H. Khairiansyah SPdI, Sektretaris Dispersip Perawitami ST, Kabid Perpustakaan Adi Herman SPdI, peserta bimtek dan sejumlah pejabat di lingkungan Pemerintah Kabupaten Kepulauan Meranti. (Diskominfotik)

Bagikan berita ini

Disqus comments