Pemkab Meranti Apresiasi Bimbingan Organisasi RAPI 04.15 Kepulauan Meranti - TARGET RIAU

Minggu, 15 September 2024

Pemkab Meranti Apresiasi Bimbingan Organisasi RAPI 04.15 Kepulauan Meranti


MERANTI - Pemerintah Kabupaten Kepulauan Meranti mengapresiasi Bimbingan Organisasi (BO) yang dilaksanakan pengurus Radio Antar Republik Indonesia (RAPI) Wilayah 04.15 Kepulauan Meranti. 

Kegiatan yang berlangsung di Aula Kantor Bupati itu, dibuka langsung oleh Pelaksana tugas Bupati Kepulauan Meranti melalui Asisten I Setdakab, M. Mahdi, Sabtu (14/9/2024). 

Mahdi berharap RAPI bisa bersama-sama dengan pemerintah kabupaten untuk bersinergi menjalankan program-program yang selaras dengan visi misi Kepulauan Meranti. 

"ini menjadi langkah awal untuk lebih memperkuat integritas dan membangun sinergi pengurus RAPI bersama Pemkab, menuju Kepulauan Meranti maju, cerdas dan bermartabat," kata Mahdi.

Sebagai organisasi masyarakat, tambahnya, RAPI diharapkan dapat meningkatkan sumber daya manusia melalui pengetahuan mengenai peraturan perundang-undangan dan peraturan pemerintah yang terkait dengan telekomunikasi. Selain itu, diharapkan juga dapat memberikan pedoman dan tata cara berkomunikasi melalui radio dengan mempergunakan kanal frekuensi yang diperuntukkan, dan bag penggunaan teknologi komunikasi tepat guna.

"RAPI merupakan organisasi komunikasi radio antar penduduk satu-satunya yang diakui dan disahkan oleh Pemerintah Republik Indonesia. RAPI juga organisasi non politik yang didirikan dan dibentuk secara sukarela, yang bersifat sosial, dan mandiri," terangnya. 

Untuk itu, Mahdi mengajak semangat tersebut harus dimaknai insan RAPI dalam memberikan pelayanan informasi dan hiburan yang sehat kepada masyarakat di seluruh wilayah NKRI, termasuk di wilayah perbatasan, Kepulauan Meranti. 

"Melalui berbagai program siaran yang tidak saja menyajikan informasi fakta-fakta di lapangan, akan tetapi juga harus mampu berperan sebagai media literasi yang mengedukasi masyarakat," harap Mahdi. 


Sementara itu, Ketua RAPI 04 Wilayah Provinsi Riau, Rimon Usman, menyampaikan apresiasi yang setinggi-tinggi atas dukungan Pemerintah Daerah Kabupaten Kepulauan Meranti sehingga kegiatan itu bisa terlaksana.

"Ini merupakan hal yang luar biasa, kami menegaskan, RAPI itu tidak akan berkembang jika tidak ada dukungan dari pemerintah, dan elemen lainnya," ujarnya. 

Dia menjelaskan, kegiatan bimbingan organisasi adalah salah satu upaya untuk meningkatkan sumber daya pengetahuan guna mendalami hal terkait RAPI. Bimbingan itu juga, sebutnya, merupakan salah satu syarat untuk masuk menjadi anggota.

"Sebagai organisasi yang peduli serta peka dengan kondisi sosial di masyakarat, RAPI selalu tampil dalam membantu pemerintah. Termasuk Pemerintah Daerah Kabupaten Kepulauan Meranti, terutama dalam hal penanggulangan bencana, seperti banjir dan Karhutla," jelas Rimon.

Sebelumnya, Ketua RAPI 04.15 Wilayah Kabupaten Kepulauan Meranti, Irman, melaporkan kegiatan itu diikuti sebanyak 102 orang peserta yang terdiri dari anggota maupun calon anggota. Dari jumlah itu juga, 30 orang peserta berasal dari luar Kepulauan Meranti.

"Terima kasih tak terhingga kami ucapkan kepada Bupati H. Asmar atas bantuan dan dukungannya. Di sini kami sampaikan, beliau juga merupakan anggota RAPI 04.15 Kepulauan Meranti terhitung sejak 1 Agustus yang lalu, dan beliau sudah terdaftar di RAPI Nasional," ungkapnya. (Prokopim)

Bagikan berita ini

Disqus comments