Pelaksanaan Upacara Kemerdekaan Indonesia ke-79 di Meranti Berjalan Khidmat - TARGET RIAU

Sabtu, 17 Agustus 2024

Pelaksanaan Upacara Kemerdekaan Indonesia ke-79 di Meranti Berjalan Khidmat


MERANTI - Pelaksana tugas Bupati Kepulauan Meranti AKBP (Purn) H. Asmar memimpin upacara peringatan hari kemerdekaan Republik Indonesia ke-79 Tahun 2024, Sabtu (17/8/2024). Pelaksanaan upacara yang berlangsung di Halaman Kantor Bupati Kepulauan Meranti itu berjalan khidmat dan sukses. 

Bertugas sebagai komandan upacara, Kasikum Polres Kepulauan Meranti Iptu Ali Afrianto.

Hadir di panggung kehormatan, unsur Forkopimda Kepulauan Meranti, Sekretaris Daerah Bambang Suprianto, Ketua Tim Penggerak PKK Hj. Ismiatun, Ketua Darma Wanita dan jajaran istri Forkopimda.

Upacara yang diikuti barisan TNI/Polri, ASN, Satpol PP dan Damkar, serta unsur organisasi dan barisan pelajar itu, juga dihadiri jajaran pejabat Pemkab Kepulauan Meranti, anggota DPRD serta berbagai unsur undangan lainnya.


Diawali peringatan detik-detik Proklamasi, Pembacaan Teks Proklamasi oleh Ketua DPRD Fauzi Hasan, penyerahan bendera merah putih kepada pasukan Paskibraka oleh Plt Bupati Asmar dan dilanjutkan pengibaran.

Pengibaran bendera Merah Putih oleh Paskibraka pun berjalan dengan baik dan lancar. Formasi pengibaran yang berjumlah tiga kelompok, terdiri kelompok 17, 8 dan 45 dengan pasukan gabungan Paskibraka, TNI dan Polri, sukes menjalankan tugas negara tersebut.

Usai mengikuti upacara, Bupati Asmar menyampaikan ucapan syukur atas nikmat kemerdekaan yang telah diberikan oleh Allah. Tidak lupa ia mengucapkan terima kasih dan memanjatkan doa bagi para pendiri bangsa dan pejuang yang telah merelakan jiwa dan raga untuk Indonesia yang merdeka. 

"Sebagai bentuk manifestasi syukur atas nikmat kemerdekaan, tugas kita adalah melanjutkan cita-cita para pendahulu. Pada hakikatnya kita semua memiliki peran penting dalam pembangunan dan kemajuan bangsa," kata Asmar. 


Sementara itu, petugas pembawa baki Paskibraka Kepulauan Meranti tahun 2024 Raihana Lufia merupakan utusan dari SMAN 2 Tebingtinggi. Putri dari pasangan Ahmad Sohib dan Sulifah mengaku bangga bisa dipercaya sebagai pembawa baki dalam Paskibraka tahun ini. 

"Terima kasih saya ucapkan kepada orang tua saya, para pelatih, kawan-kawan seperjuangan dan juga unsur pemerintah daerah," ungkapnya. 

*Pemberian remisi Sebagai mana tahun-tahun sebelumnya, usai pelaksanaan upacara kemerdekaan, unsur Forkopimda menghadiri pemberian remisi kepada warga binaan di Lapas kelas II B Selatpanjang. 

Sebanyak 267 warga binaan mendapat remisi. Persetujuan Remisi Umum (RU) untuk 1 bulan sebanyak 45 orang, RU 2 bulan sebanyak 66 orang, RU 3 bulan sebanyak 89 orang, selanjutnya RU 4 bulan sebanyak 49 orang, RU 5 bulan 16 orang dan RU 6 bulan sebanyak 2 orang. (Adv)

Bagikan berita ini

Disqus comments