Kapolsek Rangsang Barat Bersama Kepala PLN Selatpanjang Tinjau PLTD Lemang, Pastikan Pasokan Listrik Aman Saat Pilkada - TARGET RIAU

Kamis, 29 Agustus 2024

Kapolsek Rangsang Barat Bersama Kepala PLN Selatpanjang Tinjau PLTD Lemang, Pastikan Pasokan Listrik Aman Saat Pilkada


MERANTI - Kapolsek Rangsang Barat, Iptu Roly Irvan SH., MH bersama Kepala PLN Rayon Selatpanjang, Dalie Priasmoro meninjau Pembangkit Listrik Tenaga Diesel (PLTD) di Desa Lemang, Rabu (28/8/2024). Peninjauan tersebut untuk memastikan pasokan listrik aman saat pelaksanaan Pilkada 2024 di Kecamatan Rangsang Barat dan Rangsang Pesisir. 

Dalam peninjauan itu, Kapolsek Iptu Roly Irvan didampingi PS. Kanit Intelkam Bripka Maxwel Dofriandi, Banit Intelkam Briptu Randy Andika SE, PS Kanit Binmas Aipda Tengku Ishak, Bhabinkamtibmas Desa Lemang Aipda Joni Hendra SE, dan Bhabinkamtibmas Desa Sialang Pasung Bripka FL Gultom. Sementara Kepala PLN Rayon Selatpanjang didampingi staffnya, Rendi Pratama. 

"Kita berharap agar pada saat pelaksanaan Pilkada di wilayah Kecamatan Rangsang Barat dan Rangsang Pesisir tidak ada pemadaman listrik, terutama pada saat proses pemungutan suara hingga rapat pleno tingkat kecamatan," kata Iptu Roly Irvan.

Kapolsek Rangsang Barat juga meminta kepada pihak PLN Rayon Selatpanjang agar adanya petugas PLN yang standby di lokasi PLTD Lemang pada saat hari pencoblosan Pilkada 2024 nanti.

Petugas yang standby ini, lanjutnya, harus secara intens mengawasi mesin apabila terjadi trouble atau masalah, sehingga dapat diambil tindakan dengan cepat dan tidak terjadi pemadam listrik yang menggangu jalannya tahapan pemilihan pada pelaksanaan Pilkada 2024. 

"Untuk itu, kita minta pihak PLN Rayon Selatpanjang intens berkomunikasi terkait update perkembangan PLTD Lemang ini. Sehingga pelaksanaan Pilkada di Kecamatan Rangsang Barat dan Rangsang Pesisir bisa berjalan lancar tanpa gangguan kelistrikan," ungkap Iptu Roly Irvan.

Menanggapi hal itu, Kepala PLN Rayon Selatpanjang, Dalie Priasmoro mengatakan jika saat ini di PLTD Lemang masih berlangsung tahapan progres servis radiator dan pemasangan eksos mesin komatsu kapasitas 500 kw, dan ditargetkan tes pengoperasian pada tanggal 30 Agustus 2024.

"Saat ini juga masih berlangsung tahapan progres instal panel sinkron 2 unit mesin sewa merk perkins 2x400 Kw. Ditargetkan hari ini bisa dilakukan tes pengoperasian," kata Dalie Priasmoro.

Kepala PLN Rayon Selatpanjang juga menjelaskan bahwa pada tanggal 30 Agustus 2024 ditargetkan 3 unit mesin yang baru masuk ke PLTD Lemang sudah bisa masuk di sistem dan sudah bisa beroperasi, dan apabila tidak ada kendala terhadap mesin tersebut listrik untuk wilayah Kecamatan Rangsang Barat dan Rangsang Pesisir sudah dapat normal kembali.
 
"Kita akan berusaha semaksimal mungkin agar pengerjaan sesuai target, serta diharapkan pada awal bulan September kendala pemadaman listrik bergilir di Kecamatan Rangsang Barat dan Kecamatan Rangsang Pesisir dapat diatasi, dan tahapan Pilkada 2024 dapat berjalan lancar," jelasnya.

Untuk diketahui, saat ini pihak PLN Rayon Selatpanjang memberlakukan pemadaman listrik secara bergilir di wilayah Kecamatan Rangsang Barat dan Rangsang Pesisir pasca 6 unit dari 13 unit mesin PLTD tersebut mengalami kerusakan berat dan tidak dapat digunakan akibat kebakaran pada 23 Juli 2024 lalu. **

Bagikan berita ini

Disqus comments