Dimeriahkan Dengan Berbagai Perlombaan, PT. ITA Kolaborasi Bersama Pemcam Merbau Agendakan Festival Pesisir Jadi Iven Tahunan Kecamatan Merbau - TARGET RIAU

Selasa, 27 Agustus 2024

Dimeriahkan Dengan Berbagai Perlombaan, PT. ITA Kolaborasi Bersama Pemcam Merbau Agendakan Festival Pesisir Jadi Iven Tahunan Kecamatan Merbau


MERANTI- Kelompok Konservasi Mangrove Sungai Merambai Kecamatan Merbau dan PT. ITA (Imbang Tata Alam) melaksanakan kegiatan Semarak Festival Pesisir ke-4 sempen Hari Jadi Konservasi Mangrove Sungai Merambai Kecamatan Merbau sekaligus peringatan HUT RI Ke-79 yang dilaksanakan dari tanggal 24 - 25 Agustus 2024 di area Konservasi jalan Nelayan Kelurahan Teluk Belitung.

Kegiatan yang dibuka langsung oleh Camat Merbau, Muhammad Nazir SPd MSi kali ini juga terlihat melibatkan seluruh elemen masyarakat diantaranya UPIKA Merbau, siswa/i tingkat SD, SMP serta SMA sederajat, LPMK Teluk Belitung, ormas, dan masyarakat umum lainnya. 

Ketua pelaksana, Yoldi Asadi, S.P mengucapkan terima kasih kepada PT ITA dan UPIKA Merbau yang terus mensupport sejak berdirinya Konservasi Mangrove Sungai Merambai dari tahun 2021 hingga sekarang, harapan semoga PT ITA terus memberi dampak positif terhadap lingkungan pesisir yang ada di Kecamatan Merbau maupun seluruh wilayah operasionalnya.

"Atas nama panitia dan pengurus kami ucapkan ribuan terima kasih kepada instansi pemerintahan, Camat Merbau, Polri, TNI, Lurah Teluk Belitung dan seluruh peserta yang setia berkolaborasi disetiap kegiatan Konservasi Mangrove Sungai Merambai. Perlu diketahui juga bahwasanya kegiatan semarak festival pesisir ini rutin diadakan setiap tahunnya yang bertujuan untuk memberikan edukasi kepada seluruh pelajar serta masyarakat akan pentingnya menjaga lingkungan pesisir pantai untuk kepentingan generasi mendatang," ungkapnya.

Sementara itu CSR & Communication Adviser EMP Manager, Amru Mahalli dalam sambutannya menuturkan bahwa potensi generasi muda kita perlu di pupuk dan dikembangkan yang mana tidak hanya memikirkan diri pribadi tetapi juga memikirkan aspek lingkungan, khususnya merawat mangrove. Pengembangan potensi kelompok tentu akan berdampak besar terhadap hasil perawatan mangrove di masa mendatang. 

"Kita berharap iven ini menjadi iven tahunan agenda Kecamatan Merbau kedepannya, sehingga dapat berpotensi menjadi skala lebih luas, dalam artian akan semakin besar kerjasama dan hasil perawatan lingkungannya juga berpengaruh besar nantinya," ungkap Amru berharap.

Ia menuturkan, semangat gerakan sinergi ini membuktikan bahwa PT. Imbang Tata Alam selalu komitmen dalam melakukan konservasi dan penanaman mangrove guna menjaga lingkungan, serta mengembangkan ekowisata untuk peningkatan ekonomi masyarakat.


Camat Merbau, Muhammad Nazir SPd MSi dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada panitia pelaksana, PT. ITA dan semua pihak yang telah peduli terhadap lingkungan serta turut menyemarakkan peringatan HUT RI tahun 2024 di Kecamatan Merbau sehingga dapat dinikmati dan bermakna besar bagi seluruh masyarakat khususnya di Kecamatan Merbau ini.

"Program positif seperti ini sangat penting terus kita dukung dan secara bersama komitmen dalam menjaga lingkungan sekitar kita. Tentu harapan perusahaan dan kelompok mangrove akan kami dukung dimana iven ini tahun depan akan kita agendakan menjadi iven tahunan di Kecamatan Merbau, semoga kolaborasi yang baik ini dapat terus ditingkatkan demi keberlangsungan alam dan generasi masa mendatang," pungkas Camat Merbau sekaligus membuka kegiatan tersebut.

Sebagai informasi untuk kegiatan yang diperlombakan dalam iven kali ini yakni lomba pacu sampan yang diikuti sebanyak 20 peserta masyarakat umum, lomba puis tingkat SMP sederajat diikuti sebanyak 10 peserta, lomba melukis tingkat SMP sederajat sebanyak 10 peserta, lomba puisi tingkat SMA Sederajat sebanyak 8 peserta, lomba mewarnai tingkat SD sederajat untuk tingkatan kelas 1 - 3 diikuti sebanyak 20 peserta, serta lomba mencari lokan (seafood) masyarakat umum, dan malamnya dilanjutkan pembagian hadiah. 

Menariknya lagi, dalam kegiatan itu juga terlihat panitia pelaksana dan PT. ITA turut memperkenalkan berbagai macam produk makanan dan minuman hasil olahan dari sejumlah mitra binaan PT. ITA sebagai bukti progam perusahaab yang dinilai berjalan baik selama ini.

Terlihat selama kegitan berlangsung turut juga dihadiri sejumlah kelompok binaan PT. ITA diantaranya, kelompok Konservasi Laskar Mandiri Mangrove Sungai Bersejarah Kampung Kayu Ara Permai-Kabupaten Siak, kemudian Pokdarwis Telaga Air Merah Kecanatan Tebing Tinggi Barat-Kepulauan Meranti, kelompok Mangrove Formula Desa Lukit, kelompok Imbang Mandiri Kelurahan Teluk Belitung, dan kelompok Mangrove Sungai Haji Desa Mayang Sari.*

Bagikan berita ini

Disqus comments