Bupati Asmar Resmikan Proses Belajar Mengajar Ponpes Baznas Riau di Desa Tenggayun Raya - TARGET RIAU

Rabu, 24 Juli 2024

Bupati Asmar Resmikan Proses Belajar Mengajar Ponpes Baznas Riau di Desa Tenggayun Raya


MERANTI - Pelaksana tugas (Plt) Bupati Kepulauan Meranti AKBP (Purn) H. Asmar meresmikan proses belajar mengajar Pondok Pesantren (Ponpes) Al-Hidayah Baznas Riau III, di Desa Tenggayun Raya Kecamatan Rangsang Pesisir, Selasa (23/7/2024).

Ketua Yayasan Khairu Ummah Kepulauan Meranti, H. Mustafa menyampaikan bahwa keberadaan Ponpes Al-Hidayah merupakan inisiasi Gubernur Syamsuar melalui Baznas Provinsi Riau pada tahun 2022 lalu.

"Dimana dalam pelaksanaannya Baznas Provinsi Riau bekerja sama dengan Yayasan Khairu Ummah Kepulauan Meranti dan masyarakat," terangnya.

Dia juga mengatakan dengan kondisi Ponpes yang masih banyak kekurangan itu, pihaknya akan terus berupaya untuk membangun berbagai sarana dan prasarana lainnya. Seperti asrama, musala dan jalan masuk menuju Ponpes Al-Hidayah.

"Semoga ke depan nantinya, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kepulauan Meranti bisa bersama-sama berkolaborasi dengan Baznas Provinsi Riau dalam melanjutkan program pembangunan tahap kedua Ponpes Al-Hidayah," harap Mustafa.

Ketua Baznas Provinsi Riau, Masriadi Hasan, menjelaskan pembangunan Ponpes Al-Hidayah Desa Tenggayun Raya merupakan program Baznas Riau yang ketiga di tahun 2024. 

"Program yang pertama berlokasi di Pulau Mendol Kecamatan Kuala Kampar Kabupaten Pelalawan, dan kedua di Rupat Utara Kabupaten Bengkalis," debutnya. 


Sementara itu, Plt Bupati Asmar memberikan apresiasi dan mengucapkan terima kasih kepada Baznas Riau dan Yayasan Khairu Ummah Kepulauan Meranti. Serta semua pihak yang telah memulai pembangunan, dan mendukung pembangunan Ponpes Al-Hidayah Baznas Riau III di Desa Tenggayun Raya.

"Semoga dengan berdirinya Ponpes Al-Hidayah, serta diresmikan proses belajar mengajar ini, dapat mendukung terwujudnya seribu hafiz di negeri sagu seperti yang kita cita citakan," ujar Asmar.

Menurutnya, keberadaan pesantren memiliki posisi strategis, terutama sebagai basis penguatan citra dan kultur agamis. Khususnya dalam penanaman nilai iman dan takwa yang menjadi modal dasar bagi terciptanya sumber daya manusia, dan terwujudnya tatanan kehidupan yang Iebih baik, secara material dan spiritual. 

"Besar harapan saya agar Pesantren Al-Hidayah Baznas Riau III ini, dapat menjadi pusat pendidikan ilmu dan akhlak yang mampu menjadi benteng bagi generasi mendatang agar terhindar dari dampak negatif globalisasi, terutama bahaya narkoba yang sangat merusak masa depan anak-anak bangsa," harap Bupati Asmar. 

Hadir dalam acara tersebut, Kakan Kemenag Kepulauan Meranti H. Sulman, jajaran Baznas Provinsi Riau, Ketua BAZNAS Kepulauan Meranti Mardiyo, dan pengurus Yayasan Khairu Ummah. Turut hadir, MUI Kepulauan Meranti, OPD terkait, Plt Camat Rangsang Pesisir Syahrullah, Pimpinan Ponpes Al-Hidayah Ahmadi, Kepala Desa Tenggayun Raya Haiwar, dan undangan lainnya. (Prokopim)

Bagikan berita ini

Disqus comments