TNI AL Posal Selatpanjang Gerak Cepat Bantu Evakuasi Korban Kebakaran Kapal - TARGET RIAU

Senin, 17 Juni 2024

TNI AL Posal Selatpanjang Gerak Cepat Bantu Evakuasi Korban Kebakaran Kapal


Peristiwa kebakaran Kapal kembali terjadi, kali ini diwilayah Utara Pulau Mendol perairan Sungai Cina Penyalai, Kabupaten Pelalawan. wilayah tersebut merupakan wilayah Posal Selatpanjang.

Hal ini dibenarkan langsung oleh Danposal Selatpanjang Kapten Laut (E) Saidul Arifin kepada Wartawan, Ahad (16/06/2024) siang.

Dijelaskan Danposal kalau peristiwa Kapal terbakar di utara Pulau Mendol terjadi pada pukul 08:30 WIB , kejadian tersebut terjadi diwilayah Posal Selatpanjang tepatnya di Perairan Pulau Mendol, Sungai Cina Penyalai Kabupaten Pelalawan.

“Kapal bernama Bintang Jaya 2 Nahkoda nya Lukman dan ABK nya 4 orang. Untuk muatan Arang, dan pemiliknya bernama Kana, untuk tujuannya Batam dari Selatpanjang,” kata Danposal Selatpanjang.

Dijelaskan Saidul Aripin kalau pada Ahad. (16/06/2024) Sekitar pukul 08:30 WIB personil Posal Selatpanjang menerima laporan atau informasi dari masyarakat bahwa ada kapal terbakar di sekitar pulau Mendol, setelah itu Danposal melaksanakan koordinasi lalu anggota posal Selatpanjang berangkat menuju ke Lokasi.

“Untuk kapal beserta Muatan terbakar semuanya, sesuai dari pengakuan Nahkoda mereka berangkat dari hari Sabtu pukul 21:00 WIB dengan Tujuan Batam dengan kecepatan 4 Knot,” ujarnya.


Ditambahkan Danposal, setelah kapal KM Bintang Jaya 2 berjalan lebih kurang 9 jam, tepat pada Minggu tanggal 16 Juni 2024 sekitar pukul 06:00 WIB, tepatnya di Perairan Pulau Mendol dengan Koordinat 0⁰42’11,916″N 103⁰11’34,374″E Nakhoda Km Bintang Jaya 2 Melihat Ada asap dari bawah muatan kapal (Arang) setelah itu Nakhoda memerintahkan ABK untuk buka penutup palkah depa dan semakin terlihat asap banyak keluar dari Palka namun titik api masih belum diketahui.

“Pada saat dicek ABK blum diketahui api keluar dari mana lantaran tertutup muatan arang. Setelah itu, ABK mengambil pompa air untuk berusaha menyemprotkan air ke asal asap tersebut namun karena belum diketahui asal titik api maka asap tidak berhenti, bahkan Setelah itu api tiba-tiba membesar,” terangnya.

Selanjutnya, Nahkoda kapal langsung spontan berinisiatif untuk mengkandaskan kapal kelaut Dangkal, sambil berteriak minta tolong kepada kapal yang ada di sekitar lokasi kejadian.

“Api semakin besar Cru kapal lompat kelaut untuk menyelamatkan diri mereka dari api. penyebab Kebakaran belum diketahui, sementara Anggota Posal Selatpanjang ketika sampai langsung membantu menyelamatkan Abk yg msh berenang di laut. Tak hanya itu anggota juga menyampaikan kepada masyarakat pengguna laut yang kebetulan lewat di sekitar TKP agar tidak mendekat ke kapal yg terbakar,” bebernya. (***)


Sumber : riaukepri.com

Bagikan berita ini

Disqus comments